• Minggu, 4 Desember 2022

Lakukan 4 Hal Ini Saat Menunggu Orang Sakit dan Menjelang Sakaratul Maut

- Senin, 3 Oktober 2022 | 23:30 WIB
Sebagai sesama umat muslim, kita disarankan untuk melakukan 4 hal ini saat menunggu orang sakit dan menjelang sakaratul maut. (truthseeker08/pixabay.com)
Sebagai sesama umat muslim, kita disarankan untuk melakukan 4 hal ini saat menunggu orang sakit dan menjelang sakaratul maut. (truthseeker08/pixabay.com)

SILANEWS - Sebagai sesama umat muslim, kita disarankan untuk melakukan 4 hal ini saat menunggu orang sakit dan menjelang sakaratul maut.

Setiap orang tahu belaka bahwa kematian akan datang di mana saja, kapan saja, dan dalam keadaan apa saja. Karenanya jangan abai, apalagi pura-pura tidak tahu.

Persiapkan diri dengan memperbanyak amaliah, bertobat, dan istiqamah dalam beribadah kepada Allah subhanahu wata‘ala.

Baca Juga: Penghargaan Nobel 2022 Diumumkan, Ini Dia Pemenang Bidang Kedokteran!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,  yang artinya: “Perbanyaklah oleh kalian mengingat pemutus kenikmatan (kematian).” (HR. Ibnu Hiban)  

Salah satu amaliah yang dapat dilakukan yaitu memperlakukan orang yang menjelang ajal dengan baik dan benar.

Dr. Musthafa Al-Khin dalam kitabnya Al-Fiqhul Manhajî menyebutkan ada 4 (empat) hal yang semestinya dilakukan seseorang terhadap anggota keluarga yang sedang mengalami naza’, atau sakaratul maut.

Baca Juga: Meneladani Rasulullah SAW dalam Membangun Peradaban Berbasis Masjid

Pertama, menidurkan orang tersebut dengan posisi miring ke sisi badan sebelah kanan untuk menghadapkan wajahnya ke arah kiblat.

Halaman:

Editor: Yulyanto

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Aneh, Salat Jumat di Hari Kamis

Jumat, 16 September 2022 | 07:40 WIB
X