• Rabu, 5 Oktober 2022

BPIP Terima Kunjungan Ketua Forum Silahturahmi Kraton Nusantara

- Kamis, 22 September 2022 | 12:03 WIB
BPIP terima Ketua Umum FSKN (Dokpri)
BPIP terima Ketua Umum FSKN (Dokpri)

SILANEWS - Bertempat di kantor BPIP,  tiga orang direktur BPIP,  yaitu Direktur Pembudayaan dan Jaringan, Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila, dan Direktur Perencanaan Diklat menerima kunjungan Ketua Forum Silahturahmi Kraton Nusantara YM. Brigjen Pol (P) Dr. A.A. Mapparessa, M.M.,M.Si., Raja Turikale VIII Maros Sulawesi Selatan yang didampingi oleh Kepala Sekretariat FSKN , Rabu (21/9.

Kunjungan dimaksudkan untuk menjalin silahturahmi dan menjajagi gotong royong pembumian Pancasila berbasis kebudayaan Nusantara dan kearifan lokal.

Direktur Pengkajian Materi PIP Aris Heru Utomo menyambut baik kunjungan FSKN dan berharap kedua belah pihak dapat berkolaborasi dalam melakukan kajian materi nilai-nilai luhur yang hidup di setiap Kraton di Nusantara dalam rangka memperkokoh pemahaman terhadap ideologi Pancasila yang digali dari bumi Indonesia.

Ditambahkan oleh Aris bahwa melalui penyusunan dan penyajian materi yang baik dan sistematis akan dapat menguatkan upaya mengenalkan kembali dan menanamkan nilai-nilai luhur yang hidup di masyarakat dan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda dari waktu ke waktu.

Ketua FSKN menyambut positif salah satu inisiatif dari BPIP tersebut dan FSKN yang saat ini beranggotakan lebih dari 200 Kraton Nusantara, termasuk Kraton Kasultanan Yogyakarta, siap mendukung program oerja BPIP.

Selanjutnya, sebagaii awal, FSKN mengundang BPIP berpartisipasi dalam kegiatan Forum Kebudayaan yang akan digelas FSKN ada 27-28 Oktober 2020 di Balai Usmar Ismail Jakarta.

Kegiatan yang dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 2022 tersebut rencananya akan dihadiri sekitar 200 Kraton anggota FSKN. Selain kegiatan pertunjukan seni dan budaya, akan berlangsung pula seminar dan dialog kebudayaan.

"Jika memungkinkan bagi BPIP untuk turut berpartisipasi, kami akan mersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk itu," ujwt Ketua FSKN.
(AHU)***

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memahami Filsafat Jalan Tengah

Rabu, 14 September 2022 | 06:00 WIB

Muhammadiyah Ajak Anggotanya Untuk Jihad Budaya

Rabu, 27 Juli 2022 | 06:30 WIB
X