• Rabu, 5 Oktober 2022

Kisah Aneh, Salat Jumat di Hari Kamis

- Jumat, 16 September 2022 | 07:40 WIB
Ilustrasi Kisah Unik Nasrudin Hoja (naviri.org)
Ilustrasi Kisah Unik Nasrudin Hoja (naviri.org)

SILANEWS - Salat Jumat merupakan ibadah mulia yang di dalamnya banyak keutamaan dan pahala berlimpah. Sesuai namanya, salat Jumat tentu saja dilaksanakan pada hari Jumat.

Namun, bukan hanya dilaksanakan pada hari Jumat, terdapat sejumlah syarat yang apabila ditinggalkan maka menjadikan ibadah tersebut menjadi tidak sah.

Merujuk dari berbagai sumber, ada 6 syarat sah Salat Jumat menurut 4 mazhab, yaitu (1) digelar secara berjamaah, (2) dilaksanakan oleh minimal empat puluh orang yang memenuhi syarat wajib Salat Jumat, (3) Digelar di area pemukiman penduduk, (4) Salat Jumat hanya sah bila dilaksanakan pada waktu zuhur, (5) Tidak boleh dilaksanakan secara bersamaan atau tidak didahului Salat Jumat lainnya, dan (6) Didahului dengan dua khotbah.

Baca Juga: Jumat Berkah Ngopi Berkah

Meski para ulama sudah menyebutkan syarat sah Salat Jumat, salah satunya Salat Jumat hanya sah bila dilaksanakan pada waktu zuhur (pada hari Jumat), namun ada juga orang yang melaksanakan Salat Jumat yang mulai dilaksanakan pada hari Kamis.

Kok bisa Salat Jumat dan dilaksanakan pada hari Kamis? Bukankahi tidak lazim bukan.?

Bisa jadi ketika Anda melakukan salat jumat di hari Kamis, Anda bisa kena sambit maupun tatapan aneh dari orang-orang.

Tapi, hal ini begitu berbeda jika Nasrudin Hoja yang melakukannya. Nasrudin Hoja adalah seorang Ulama dan Sufi dari Bani Seljuk pada abad ke-13 Hijriah.

Baca Juga: Jumat Berkah: Sesajen Untuk Mencegah Bencana, Ini Kata Quraish Shihab

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Aneh, Salat Jumat di Hari Kamis

Jumat, 16 September 2022 | 07:40 WIB
X