• Rabu, 5 Oktober 2022

Memahami Filsafat Jalan Tengah

- Rabu, 14 September 2022 | 06:00 WIB
Belajar ilmu filsafat ternyata penting dan memiliki manfaat, karena ternyata bukan menjadikan seseorang memiliki ilmu sesat. (Andreea Ch)
Belajar ilmu filsafat ternyata penting dan memiliki manfaat, karena ternyata bukan menjadikan seseorang memiliki ilmu sesat. (Andreea Ch)

SILANEWS - Dalam mencapai tujuan hidup, bukan rahasia lagi bahwa manusia kerap dihadapkan pada pilihan-pilihan yang terkadang ekstrim sehingga memerlukan solusi yang tepat.

Banyak solusi yang bisa ditawarkan, salah satunya adalah yang mendasarkan pada pemikiran filsafat Yunani kuno yang dikemukakan Aristoteles.

Dikutip dari berbagai referensi, Aristoteles berpandangan bahwa tujuan utama dari hidup manusia adalah mencapai kepenuhan hidup (Eudaimonia), atau kebahagiaan sejati.

Baca Juga: Satgas Damai Cartenz di Kago Distrik Ilaga Kabupaten Puncak – Papua Tengah Lakukan Program ‘Polisi Pi Ajar’

Hal tersebut di atas dapat dicapai, jika orang hidup dengan keutamaan, yakni karakter dan sikap baik dalam hidup yang membawa kedamaian di dalam diri, maupun dalam hubungan dengan orang lain.

Menurut Aristoteles, keutamaan hanya dapat diperoleh, jika orang hidup di jalan tengah, yakni jalan yang tidak jatuh pada titik ekstrim tertentu.

Hal tersebut juga disebut sebagai moderasi, atau bertindak secara sesuai dengan keadaan yang ada.

Baca Juga: Ini Dia Sejumlah Pejabat Tinggi Kasus Korupsi yang Mendapatkan Remisi dan Bebas Bersyarat!

Jika orang terlalu baik, maka ia akan dimanfaatkan orang lain. Jika orang tidak baik, maka ia akan dibenci orang lain, karena menciptakan banyak kesulitan.

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memahami Filsafat Jalan Tengah

Rabu, 14 September 2022 | 06:00 WIB

Muhammadiyah Ajak Anggotanya Untuk Jihad Budaya

Rabu, 27 Juli 2022 | 06:30 WIB
X