• Minggu, 4 Desember 2022

Jenderal TNI Dudung Abdurachman Terima Gelar Adat Kehormatan “Patih Kademangan" dari Sultan Kutai Kartanegara

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 09:18 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman terima gelar adat kehormatan “Patih Kademangan” dari lembaga adat Kutai Kartanegara. (TNI AD)
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman terima gelar adat kehormatan “Patih Kademangan” dari lembaga adat Kutai Kartanegara. (TNI AD)

SILANEWS - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman terima gelar adat kehormatan “Patih Kademangan” dari lembaga adat Kutai Kartanegara. 

Penghargaan diberikan sebagai wujud penghormatan dari masyarakat adat Kutai atas kecintaan Kasad terhadap budaya nasional.

Penganugerahan gelar tersebut diberikan oleh lembaga adat Kutai Kartanegara, usai acara penutupan program TMMD ke-114 di wilayah Kodim 0906/Tgr Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (24/8/2022).
 
 
Seperti disampaikan dalam rilis Dispenad, penganugerahan gelar kehormatan "Patih Kademangan Dudung Abdurachman" ditandai dengan penyematan peci khas Kutai dan Mandau Kuning oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ke-XXI Sultan Adji Muhammad Arifin.
 
Masyarakat adat Kutai menilai sosok Jenderal Dudung berhak atas gelar tersebut karena begitu besar perhatiannya terhadap budaya-budaya di Indonesia.
 
Menurut catatan, gelar kehormatan ini merupakan gelar ke-11 yang diterima Kasad selama berkunjung ke seluruh wilayah Indonesia.
 
 
Kebhinekaan budaya bangsa Indonesia merupakan warisan harta kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya.
 
 
Pada kesempatan tersebut Kasad menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat adat Kutai.
 
"Terima kasih atas gelar adat yang diberikan kepada saya, semoga dengan pemberian gelar adat ini semakin memupuk kecintaan saya terhadap seluruh budaya nasional dari Sabang sampai Merauke," tegas Jenderal Dudung.
 
Usai acara penerimaan gelar adat, Kasad melanjutkan kegiatan dengan meninjau hasil sasaran fisik TMMD ke-114 didampingi oleh Irjenad, Aster Kasad, Asops Kasad, Pangdam VI/Mlw, Wagub Kaltim, Danrem 091/Asn dan Bupati Kutai Kartanegara. (AHU) ***

Editor: Aris Heru Utomo

Sumber: Dispenad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memahami Filsafat Jalan Tengah

Rabu, 14 September 2022 | 06:00 WIB

Muhammadiyah Ajak Anggotanya Untuk Jihad Budaya

Rabu, 27 Juli 2022 | 06:30 WIB
X