• Rabu, 10 Agustus 2022

Ulama Ingatkan Bahaya Unggah Amal Kebijakan Sendiri di Medsos

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Fathurrahman Kamal  (Muhammadiyah,or.id)
Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Fathurrahman Kamal (Muhammadiyah,or.id)

SILANEWS - Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyahmendorong setiap orang untuk menggunakan telepon seluler/ponsel untuk berkomunikas i. 

Selain manfaat yang didapat, dampaknya juga tidak dapat diabaikan. Salah satunya dampaknya adalah orang menjadi kecanduan mengunggah berbagai hal di media sosial atau medsos, termasuk mengunggah amal kebajikan sendiri/keluarga di medsos.

Tanpa disadari lama-kelamaan tindakan itu membuat ketagihan, dan akhirnya menjadi suatu kesombongan.

Baca Juga: Kemenhub Libatkan Perguruan Tinggi dalam Proyek Kereta Cepat dan LRT Jabodebek

Sombong kepada beberapa orang saja dilarang, apalagi jika kepada banyak orang sekaligus. Untuk diketahui, pada Januari 2022 perangkat seluler yang terkoneksi di Indonesia mencapai 370,1 juta. (jumlah penduduk 277,7 juta). Orang sering tak sadar posting amal-kebajikannya menjadi viral.

Kekhawatiran itu yang disuarakan Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Fathurrahman Kamal. Khawatir tiedak saja kepada orang awam, melainkan juga terhdap para penceramah.

Di zaman fitnah ini, perangkat seluler rawan menjadikan para penceramah terpeleset dalam dua sifat, yaitu ujub dan riya. Sikap ikhlasnya hilang, tidak mampu menahan godaan setan, sehingga yang muncul sifat-sifat buruk itu.

Baca Juga: Kenali Penyebab Perundungan Siber dan Pencegahannya Agar Tidak Berdampak Psikis

“Pagi-pagi bikin status, ‘tahajud dulu bro’. Apa yang tidak diriyakan oleh orang? Kita di Muhammadiyah juga bisa kena penyakit ini,” ucap Fathur, pada acara ‘Pengajian Ahad Pon’ yang diadakan PDM Kudus, Ahad (31/7/2022).

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Terkini

Muhammadiyah Ajak Anggotanya Untuk Jihad Budaya

Rabu, 27 Juli 2022 | 06:30 WIB

Mewarisi Semangat Ramadan

Selasa, 3 Mei 2022 | 20:18 WIB
X