• Minggu, 4 Desember 2022

Strategi Jadul Yakult Lady Pertahankan Pasar untuk Produknya

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 07:14 WIB
Yakult lady dengan sepeda dan box pendingin (@@belajarlagiHQ)
Yakult lady dengan sepeda dan box pendingin (@@belajarlagiHQ)
SILANEWS - Sebagian masyarakat Indonesia tentu mengenal minuman Yakult, minuman dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. 
 
Yakult adalah minuman Probiotik mirip Yogurt yang dibuat dari fermentasi susu skim, dan gula dengan bakteri Lactobacillus caseiLactobacillus casei Shirota dapat ditemukan dalam sistem pencernaan manusia.
 
Minuman ini biasanya dijual di super market atau mini market dan diletakkan di lemari pendingin.
 
Menariknya, selain dipromosikan lewat televisi dan media digital, ternyata pemasaran Yakult juga masih tetap mempertahankan strategi jadul door to door untuk jualan produknya. Yakult menggunakan para wanita (Yakult lady) untuk berkeliling menjajakan produknya menggunakan sepeda dan menempatkan produknya di box pendingin.
 
 
Kita kerap merasa kasihan melihat Yakult lady capek keliling dari rumah ke rumah.  Tapi di sisi lain ternyata Indonesia jadi pasar tersuksesnya Yakult.
 
Seperti diungkap dalam treat @belajarlagiHQ, ternyata ada 3 alasan mengapa Yaklut tetap menggunakan strategi marketing jadul. 
 
 
 
Kedua,  Branding "family" nya Yakult. Produsen Yakult ingin branding "minuman keluarga" yang kuat pada konsumennya. Yakult lady diharapkan bisa kasih edukasi dan direct selling ke setiap keluarga. Dari segi produk, ia kasih 5 pcs Yakult per pack karena jumlahnya pas buat keluarga.
 
Ketiga,  Combine strategy. Strategi ini merupakan kombinasi karena produsen Yakult juga tetap  memaksimalkan strategi digital, aktif di media sosial dan digital ads. Mereka mengkombinasikan strategi tradisional - digital agar bisa jangkau konsumen muda. Apalagi trend minuman kekinian yg dicampur Yakult cukup bikin salesnya naik kemaren.
 
 
 
Nah menurut pembaca, masih relevan kah strategi door to door yang digunakan Yakult ini? (AHU) ***
 

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Sritex Lepas 50 Kontainer Produknya ke-20 Negara

Jumat, 16 September 2022 | 17:21 WIB
X