• Minggu, 4 Desember 2022

Sukarno: Merayakan Maulid Nabi Merayakan Ajaran, Konsepsi, Agama Islam

- Senin, 18 Oktober 2021 | 21:43 WIB
Pidato Mauklid Nabi Presiden Sukarno di Istana Negara 1963 (arsipnas)
Pidato Mauklid Nabi Presiden Sukarno di Istana Negara 1963 (arsipnas)

SILANEWS - Setiap tanggal 12 Rabi’ul Awal umat Islam di berbagai belahan dunia merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan penuh kegembiraan dan suka cita.

Di Indonesia, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diselenggarakan sejak jaman kemerdekaan oleh masyarajat di desa hingga Presiden RI di Istana Negara.

Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, masyarakat mengadakan pengajian dan melakukan bacaan puji-pujian yang berisi riwayat Rasullulah Muhammad SAW serta mendengarkan ceramah dari para pemimpin agama atau Pemerintahan mengenai makna peringatan Maulid Nabi.

Dari sekian banyak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh Pemerintah pada hampir setiap tahunnya, salah satu yang monumental adalah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1963 di Jakarta.  

Baca Juga: Mencermati Empat Masjid Berarsitektur Unik Dan Menarik

Pada peristiwa tersebut, Presiden pertama RI Sukarno atau Bung Karno dengan penuh semangat dan dengan gaya orasinya yang berapi-api mengingatkan para pejabat undangan yang hadir di Istana Negara mengenai bagaimana hakikat merayakan maulid Nabi.

Seperti dapat disimak dari rekaman pidato Bung Karno yang diunggah oleh Rumah Kebangsaan Pancasila di Youtube, Bung Karno memulai penyampaian makna peringatan Maulid Nabi Muhammad dengan menjelaskan mengenai Islam dan mengapa percaya pada Rasul-Rasul padahal tidak pernah melihatnya.

Baca Juga: Kepala BPIP Harapkan Duta Santri Bisa Jadi Agen Perubahan, Pembawa Misi Islam dan Pelopor Pancasila

“Islam adalah agama yang menuju kepada otak, Islam adalah agama yang menuju kepada hati dari otak. Segala ajaran Islam bisa diterima oleh hati kita dan bisa diterima oleh otak kita. Dalam sejarah umat manusia, selalu ada manusia yang mimpin yaitu rasul-rasul,” seru Bung Karno

Halaman:

Editor: Aris Heru Utomo

Tags

Terkini

Kisah Aneh, Salat Jumat di Hari Kamis

Jumat, 16 September 2022 | 07:40 WIB
X